E-learning dan E-assessment (Effective teaching with technology)

Mengikuti perkembangan teknologi yang sangat maju, SMA WARGA SURAKARTA menerapkan teknologi tersebut untuk menunjang proses pembelajaran di kelas kepada siswa-siswi. Salah satunya dalam proses penilaian dari sebuah kuis atau tes untuk siswa. Proses penilaian dari jawaban siswa bisa dilakukan langsung di kelas dengan menggunakan gadget (tablet atau HP). Masing-masing siswa membawa barcode untuk menjawab tiap soal, kemudian guru yang ada di depan langsung mengarahkan gadgetnya ke siswa yang menunjukkan barcode jawabannya. Dengan begitu pembacaan jawaban siswa langsung tercatat di gadget tersebut, yang kemudian akan keluar rekap jawaban dan nilai dari seluruh peserta kuis.

Kegiatan ini diselenggarakan atas prakarsa dari Yayasan Pendidikan Warga dan menggandeng pakar di dunia pendidikan, yaitu Bapak Indra Charismiadji. Yayasan Pendidikan Warga memang selama ini berkomitmen dalam memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya Surakarta.

Selain kegiatan diatas, teknologi yang digunakan dalam pembelajaran di SMA WARGA SURAKARTA adalah model scan jawaban siswa menggunakan gadget. Siswa diberikan satu lembar semacam LJK untuk menjawab sejumlah soal dengan memberi bulatan di kertas tersebut, kemudian guru melakukan scan pada lembar LJK tersebut dengan menggunakan gadget yang ada. Setelah semua LJK di scan, maka nilai dari masing-masing siswa akan segera diperoleh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*