Implementasi SRA Wujud Kurikulum Merdeka

Guna memperkuat program Sekolah Penggerak yang sudah dilaksanakan oleh SMA Warga Surakarta sejak tahun 2021, berbagai penguatan telah dilakukan dalam membentuk karakter siswa juga menggali dan meningkatkan potensi masing-masing siswa. Acara implementasi SRA ini dilakukan untuk mewujudkan salah satu cita-cita Kurikulum Merdeka.

Pada hari Senin, 18 September 2023 SMA Warga Surakarta menghadirkan Fasilitator Nasional bapak Didik Teguh Prihanto, M.Pd yang berasal dari SMP Negeri 21 Semarang. Beliau ditugaskan untuk Menjadi Narasumber pada kegiatan Sosialisasi Implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) yang diikuti oleh seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Materi yang disampaikan oleh narasumber mengedepankan Disiplin Positif yang mana MENDIDIK anak untuk memahami bagaimana berperilaku yang pantas (membangun kesadaran), DILATIH untuk bertanggungjawab sehingga mampu mengendalikan perilakunya sediri. Beliau menjelaskan perbedaan Disiplin Positif dengan Hukuman. Juga dijelaskan proses pembentukan dan pengembangan SRA yang ada di lingkungan sekolah.  Sampai akhirnya mencapai kondisi sekolah yang diharapkan, yakni BARIISAN (Bersih, Aman, Ramah, Indah, Inklusif, Sehat, Asri dan Nyaman) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*